Header Ads

Sentuhan Ibu Memberikan Banyak Manfaat Untuk Anak-Anaknya

Ibu berperan penting dalam membangun keluarga melalui sentuhan kasih sayangnya dan mampu membentuk kepribadian seseorang di kemudian hari. Sentuhan ibu nyatanya memberikan banyak manfaat bagi si anak.
Sentuhan Ibu Memberikan Banyak Manfaat Untuk Anak-Anaknya
Sentuhan Ibu Memberikan Banyak Manfaat Untuk Anak-Anaknya
Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana, menjelaskan momen sentuhan seorang ibu memiliki manfaat bagi ibu dan anak untuk membangun hubungan yang mendalam dan mengembangkan diri anak.

Sentuhan ibu bisa seperti kontrak fisik atau skin to skin, bisa dilakukan ketika anak bangun. Banyak sentuhan yang bisa dilakukan ibu mulai dari anakn bangun, seperti menciumnya, menggendong, hingga bercerita.

Sentuhan ibu sangat penting karena anak bisa merasa terhubuung dengan ibu, serta anak merasa rileks. Sentuhan kasih sayang akan mengeluarkan hormon oksitosin, hormon ini menghasilkan ketenangan yang membuat si kecil siap untuk belajar.

Menurut Vera ketikan si anak sudah berusia 14 tahun, tentu tidak nyaman ketika mendapat pelukan atau ciuman di pipi. Jika sudah seperti ini, si Ibu bisa memberikan sentuhan di pundak sambik bercerita. Sentuhan ibu dan anak juga harus nyaman supaya bermanfaat.

Bentuk sentuhan ibu lainnya yang familiar di masyarakat Indonesia adalah dengan membacakan cerita, karena dapat meningkatkan kreativitas anak serta mempererat hubungan ibu dan anak. Dalam momen ini, ibu bisa menyampaikan pesan-pesan bagus untuk di anak.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.