Header Ads

Mengapa Hari Minggu Menjadi Hari Libur di Indonesia, Karena...

Tiap negara memiliki hari libur sendiri. Dibalik penentuan hari libur tersebut ternyata ada sejarah yang menarik untuk diketahui. Conthnya di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, hari Jumat dipilih sebagai hari libur.
Mengapa Hari Minggu Menjadi Hari libur di Indonesia, karena...
Mengapa Hari Minggu Menjadi Hari libur di Indonesia, karena...
Alasannya hari Jumat dianggap sebagai hari baik bagi umat muslim untuk beribadah. Dengan liburnya aktivitas di hari Jumat masyarakat Arab Saudi yang mayoritas muslim banyak waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya secara total.

Berbeda lagi dengan bangsa Yahudi di Israel. Mereka menetapkan hari Sabtu sebagia hari libur lantaran Sabtu merupakan hari ibadah bagi mereka. Lalu kenapa di Indonesia hari Minggu dijadikan hari libur?

Hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya tidak hanya berlaku di Indonesia, tetapi untuk mayoritas negara di dunia. Berawal dari bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italis menguasai banyak negara di Eropa.

Bangsa Romawi kuno sudah memiliki keyakinan bahwa di hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah, Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu. Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting dengan mengunakan warna merah.

Pengaruh ini kemudian menyebar ke berbagai wilayah kekuasaan bangsa Romawi. Salah satunya adalah negara Belanda. Belanda menjajah Indonesia dan sejak itu, hari Minggu mulai ditetapkan sebagai hari libur untuk masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.